Article Detail

Wisata ke Yogyakarta

Saya dan teman-teman pergi ke Yogyakarta dalam rangka study tour bersama sekolah. Kami pergi selama 5 hari 4 malam dari hari Senin (1/11/2016) sampai Jumat (11/11/2016). Hari pertama kami berangkat dari sekolah dengan penuh semangat sambil membawa seluruh perlengkapan kami untuk di Yogyakarta. Kami memulai perjalanan kami ke Yogyakarta pada pukul 06.30 menggunakan bus. Perjalanan di bus sangatlah menyenangkan dan seru. Kami saling mengobrol dan bernyanyi bersama-sama. Kami berhenti di beberapa tempat istirahat dan rumah makan untuk mengisi energi kami. Kami melanjutkan perjalanan yang sangat panjang sampai akhirnya tiba di hotel pada pukul 22.00. Kami pun menunggu untuk dibagikan kunci kamar hotel kami. Setelah saya dan teman-teman saya mendapatkan kunci, kami langsung menuju ke kamar hotel kami. Kami pun segera merapikan dan menyusun barang-barang kami di kamar hotel dan bersiap-siap untuk tidur. Saya mendapatkan kamar bersama dengan Anabel, Clara, dan Zenata. Setelah itu, kami langsung terlelap tidur karena kelelahan selama perjalanan.

Pada hari kedua, kami sudah bangun dari pukul 06.00. Kami segera bersiap-siap dan turun ke bawah untuk menikmati sarapan kami. Setelah itu, kami langsung naik ke bus dan bus pun mulai jalan. Kunjungan pertama kami pada hari ini adalah ke Pabrik Gula Madukismo. Di sana, kami belajar bagaimana cara untuk membuat gula, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gula dan kami pun secara langsung berkunjung ke pabriknya dan melihat mesin-mesin. Setelah itu, kami makan siang dan melanjutkan kunjungan ke Keraton Yogyakarta. Di Keraton Yogyakarta kami diajak untuk berkeliling dan melihat-lihat keadaan sekitar Keraton. Kami juga diberi tahu tentang sejarah Keraton Yogya dan fungsi-fungsi bangunan di dalam keraton. Usai dari keraton, kami diajak berkunjung ke Musium Dirgantara untukm melihat-lihat pesawat terbang, Selesai dari Museum Dirgantara, kami pergi berkeliling Candi Prambanan. Di Candi Prambanan, kami diberi tahu tentang sejarah berdirinya dan hal-hal mengenai candi ini. Akhirnya kami menikmati makan malam di bus. Untuk menutup acara malam ini, kami pergi untuk menyaksikan pertunjukan Sendra Tari Ramayana yang letaknya juga di Candi Prambanan. Tarian ini mengisahkan tentang seorang tokoh bernama Shinta yang diculik dan akhirnya diselamatkan oleh suaminya. Pertunjukan ini memakan waktu yang cukup lama kurang lebih 3 jam. Seusai pertunjukan, kami pun kembali ke hotel untuk beristirahat.

Pada hari ketiga, kami pergi ke objek wisata Goa Pindul Wonosari untuk menikmati keindahan alamnya. Di dalam Goa Pindul ini, kita dapat melihat banyaknya kelelawar yang hinggap di atas dinding-dinding goa. Kita dapat masuk ke Goa Pindul ini dengan menaiki sebuah ban. Karena di dalam goa sangat gelap, jadi kita akan dipandu oleh orang dari Goa Pindul sendiri dan kita akan diberi beberapa penjelasan. Jadi, apa bila ingin ke Gua Pindul, jangan lupa untuk membawa baju ganti karena kita akan basah. Setelah kami mandi dan berbersih diri, kami pun menikmati makan siang  untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke pabrik Kaos Yogya. Di sana, kami dapat melihat langkah=langkah membuat kaos dari kain yang besar. Kami juga dapat langsung membeli kaosnya denga harga yang cukup terjangkau. Setelah melihat-lihat kaos, kami pergi menuju museum biologi. Di dalam museum terdapat banyak tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah diawetkan. Selepas dari museum biologi, kami pergi untuk makan malam. Setelah itu, kami pergi ke Malioboro untuk menikmati suasana Kota Yogyakarta di malam hari. Di sana kami dapat melihat-lihat dan belanja untuk oleh-oleh. Sehabis dari Malioboro kami langsung pulang ke hotel dan mulai packing untuk pulang ke Jakarta karena ini adalah malam terakhir.

Pada hari keempat, kami pergi ke Museum Merapi. Di sana kami dijelaskan tentang sejarah Gunung Merapi, letusan-letusannya, dll. Kami juga diputarkan sebuah film tentang bencana yang disebabkan dari meletusnya Gunung Merapi. Selesai dari Museum Merapi, kami pergi untuk menikmati makan siang. Usai makan siang, kami segera menuju ke Candi Borobudur. Di Candi Borobudur, kami dipandu sampai ke bagian candi paling atas dan mengambil banyak foto bersama untuk kenangan kami. Kami juga dijelaskan tentang sejarah Candi Borobudur. Sehabis dari Candi Borobudur, kami langsung naik bus dan beristirahat di bus karena perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta dengan bus memakan waktu yang cukup lama. Selama perjalanan pulang, kami berhenti di beberapa tempat perhentian untuk ke kamar kecil dan memberikan waktu istirahat bagi supir bus. Kami melanjutkan perjalanan sampai akhirnya tiba di Jakarta pada hari kelima tepat pukul 05.00. Kami pun langsung turun dari bus dengan barang-barang bawaan kami dan menghubungi orang tua kami bahwa kami sudah sampai di sekolah dan minta untuk dijemput pulang ke rumah kami masing-masing.

Perjalanan ini memang sangat membuat lelah dengan jadwal yang padat ditambah lagi dengan cuaca yang tidak menentu. Bagaimana juga, perjalanan ini merupakan paengalaman yang tidak akan saya lupakan. Dengan suara tawa dan canda teman-teman yang mengisi seluruh perjalanan ini membuat saya ingin study tour ini tidak pernah berakhir. Dengan seluruh teman-teman dan guru-guru pendamping yang sangat seru, membuat perjalanan kali ini sangat mengesankan. Terima kasih kepada seluruh guru pendamping dan teman-temanku kelas 8 SMP Tarakanita 2 Jakarta Tahun 2016-2017. –Jeanice C--
Comments
  • there are no comments yet