Article Detail
Menulis Puisi Tentang Keindahan Alam
Pelaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dirasa mendesak untuk segera dilakukan oleh setiap guru agar guru berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas mengajar. Suasana pembelajaran yang menyenangkan merupakan modal utama untuk menciptakan sebuah kondisi, di mana siswa memiliki rasa aman dan nyaman, akrab dan betah sehingga siswa memiliki rasa cinta terhadap setiap materi yang diajarkan guru. Untuk menciptakan kondisi yang demikian, sebenarnya banyak sekali metode maupun pendekatan yang dapat dipilih oleh guru. Prinsipnya guru harus lebih aktif dan kreatif menggunakan berbagai media yang ada di sekitarnya. Di sisi lain, guru juga harus mampu bereksplorasi guna memaksimalkan siswa di dalam menangkap dan mengimplementasikan semua materi pelajaran yang didapatnya.
Kegiatan belajar-mengajar tidak selalu harus dilakukan di dalam ruang kelas apalagi dengan model penempatan tempat duduk siswa mengikuti denah tempat duduk. Adakalanya guru perlu memikirkan bagaimana posisi tempat duduk siswa yang tepat saat mengikuti pembelajaran dengan materi tertentu. Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pun semestinya demikan halnya. Sebut saja salah satunya materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 tentang menulis puisi tentang keindahan alam di sekitar siswa. Dalam menyampaikan materi ini semestinya akan menjadi lebih baik jika kegiatan belajar-mengajar tidak dilakukan di dalam kelas, melainkan anak-anak dibawa langsung untuk bersentuhan dengan media belajar langsung yaitu keadaan lingkungan alam di sekitar siwa tersebut.
Pembelajaran seperti ini rasanya tepat untuk diterapkan saat mengajarkan materi menulis puisi tentang keindahan alam di sekitar siswa. Caranya cukup praktis. Siswa diminta untuk terjun langsung ke luar kelas. Tentu terlebih dahulu dijelaskan materi yang akan diajarkan sehingga siswa bisa membuat persiapan awal. Selanjutnya, di luar kelas siswa diberikan kebebasan untuk melihat-lihat, mendengar dan bahkan merasakan apa yang ada di sekitarnya. Segala apa yang dilihat, didengar dan dirasakan ini mereka tuliskan sebagai catatan kecil. Catatan kecil ini nantinya digunakan oleh siswa untuk melakukan permenungan. Selanjutnya siswa dikumpulkan dan mencoba menuliskan kembali hasil permenungan terhadap kata-kata dalam catatan kecil tersebut menjadi larik dan baris puisi. Dalam tahap menulis puisi ini siswa bisa mengerjakannya di dalam kelas ataupun tetap berada di luar kelas.
Berikut ini beberapa puisi tentang keindahan alam yang dapat di tulis oleh siswa dalam kegiatan belajar menulis puisi tentang keindahan alam tersebut.
---Ndt---
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment