Article Detail

Menulis Puisi Tentang Lingkungan Sekolah

Pada beberapa waktu yang lalu pesrta didik secara bersama-sama belajar menulis puisi tentang keindahan alam di sekitar mereka. Dalam kegiatan penulisan puisi tersebut peserta didik secara langsung mencoba bersentuhan dengan alam di sekitarnya. Di alam tersebut peserta didik mencoba melakukan kegiatan melihat, mendengar dan juga merasakkan segala hal yang ada. Kemudian dari hal-hal yang peserta didik dapatkan dari kegiatan melihat, merasa dan mendengarkan tersebut digunakan untuk menulis puisi. Penulisan puisi pun dimulai  dengan cara merangkaiakan kata-kata kunci yang telah peserta didik catat terlebih dahulu di buku tulis yang telah disiapkan sebelumnya. Lantas, bagaimana kesan peserta didik  setelah melakukan pembelajaran tersebut? Mungkin sebagian besar dari peserta didik akan mengiyakan ketika pada akhirnya dikatakan bahwa menulis puisi itu mudah.
 
Tentu saja tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kegiatan tersebut sedikit banyak peserta didik masih menemukan kendala sehingga membuat peserta didik merasa kesulitan dalam berpuisi, misalnya: kesulitan dalam pemilihan kata, keterbatasan perbendaharaan kata, kesulitaan membentuk rima, dll. Namun demikian, dengan terus-menerus berlatih, niscahya peserta didik akan menjadi terbiasa menulis puisi. Pada kesempatan kali ini kembali peserta didik  diminta berlatih menulis puisi dengan tema lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sekolah tempat peserta didik menuntut ilmu setiap harinya.
 
Langkah kerja yang harus peserta didik lakukan sama seperti ketika peserta didik menulis puisi tentang keindahan alam, yaitu dengan prosedur: lihat, dengar, rasakan dan tulislah. Selanjutnya,  untuk melihat lebih lanjut hasil kerja para peserta didik silakan ikuti link berikut ini!
 --Ndt--
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment