Article Detail

Suka Cita di Hari Kedua MPLS

      Pada Selasa, 16 Juli 2019, para peserta didik SMP Tarakanita 2 (Tardu) mengikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di hari kedua. Para peserta MPLS masih terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegitan. Hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran peserta didik yang tepat waktu dan banyak canda tawa dalam berinteraksi, baik dengan sesama peserta didik, maupun dengan para guru. Suasana keakraban sangat dirasakan seluruh warga SMP Tardu.

      Meski seluruh peserta didik mengikuti kegiatan MPLS, dalam kegiatannya, setiap kelas melaksanakan rangkaian kegiatan yang berbeda. Para peserta MPLS kelas VII, di hari kedua ini, mulai mengenal lebih jauh lingkungan sekolahnya. Dengan didampingi panitia MPLS, para peserta didik diajak berkeliling ke lingkungan sekolah untuk melihat berbagai fasilitas sekolah yang tersedia, seperti ruang kelas, perpustakaan, kantin, toilet, lapangan olahraga, pendopo, laboratorium bahasa/komputer/bilogi/fisiska, dan fasilitas lainnya. Selain itu, setelah mengenal berbagai fasilitas sekolah, para peserta didik kembali ke kelas untuk mengikuti kegiatan pemberian materi tentang Tata Tertib Sekolah, Kurikulum Pembelajaran di SMP Tardu, dan mengenal Tujuh Pembiasaan Tarakanita.

      Berbeda dengan kelas VII, para peserta MPLS kelas VIII mengikuti rangkaian kegiatan di dalam kelas. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu menentukan tata tertib kelas, mengetahui informasi kurikulum yang akan digunakan untuk tahun pelajaran 2019/2020, pendataan ulang siswa, dan pembagian jadwal belajar.

      Selanjutnya, di hari kedua MPLS ini, para peserta didik kelas IX mengikuti kegiatan “Sharing Carrier”. Dalam kegiatan ini, panitia MPLS mengundang tiga alumni SMP Tardu yang telah berhasil meniti karier di masa depannya. Adapun tiga alumni tersebut adalah Klaus Khan seorang Fotografer (angkatan 2007), Christian Purwadiharja S.Sn., M.A. seorang Arsitek (angkatan 2006), dan Hansen Cornelius Putra seorang Arsitek dan General Design Contractor (angkatan 2011). Mereka diminta menjadi pembicara untuk adik-adiknya. Banyak cerita, motivasi, dan inspirasi yang diberikan kepada para peserta didik kelas IX tentang bagaimana meraka bisa mencapai kesuksesan dalam berkarier di bidangnya. Para pembicara berharap agar adik-adiknya dapat menemukan karier yang sesuai dengan keinginan dan bakat yang dimiliki.

      Setelah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan MPLS di hari kedua, para peserta MPLS  diharapkan mampu menjadi pribadi-pribadi yang termotivasi dan terinspirasi dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar. Dengan berbekal itu, para peserta didik dapat segera beraksi untuk menjadi pribadi-pribadi yang disiplin, cerdas, dan ramah sesuai dengan tema MPLS tahun ini.

 

-Tim Penyusun Berita (16/7/19)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment